Minggu, 31 Oktober 2010

KEDUK BEJI MASIH ADA

DESA TAWUN KEC.KASREMAN KAB.NGAWI

KEDUK BEJI MASIH ADA

Meski Dengan Modal Swadaya Dusun


“Meskipun dengan anggaran dana minim, dengan Swadaya Dusun se-Desa Tawun, bersyukur kami masih bisa adakan acara budaya tahunan Keduk Beji Tawun.” Kata Kades Tawun.


Warta Ngawi

Hampir bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, Bersih Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi atau yang lebih di kenal dengan KEDUK BEJI TAWUN terselenggara dengan Lamcar dan meriah.(14/09/2010).

“Bertekat mengemban amanah Sesepuh terdahulu serta untuk melestarikan Budaya, dengan dana Swadaya murni per-Dusun, yang sebelumnya telah kami adakan Rembuk Desa, untuk membicarakan sumber dana, dan hari pelaksanaan serta Uborampe prosesi KEDUK BEJI TAWUN, alhamdullillah bisa terlaksana.” Kata Kades Tawun Suryo Wirawan,S.Pd.

Sedang menurut Sesepuh Desa Tawun, “Prosesi diawali dengan Gending Tayuban atau Gamelan Tayub berkumandang, Ki Juru silem dengan pakaian khasnya, membawa kendi kecil untuk di taruh dalam TUK atau Sumber air. Sedang yang muda-muda membersihkan Tuk atau Sendang Tawun, dan di ikuti banyak Pemuda yang bersihkan area Sendang sambil KECETAN atau saling memukul tubuh temannya. Untuk selanjutnya di persiapkan Panggang Kambing, Gunungan Dua, untuk Selamatan.”terang sesepuh Tawun.

“KEDUK BEJI TAWUN di adakan setiap tahun sekali, pada hari Selasa Kliwon setelah Panen Raya Desa Tawun, dan menjadi turun-temurun Masyarakat sini.” Tambah Kades Tawun.

Juga tampak hadir melihat lebih dekat, Bupati Ngawi Ir.H.Budi Sulistyono beserta rombongan DISPORA Kab.Ngawi.

Masyarakat Tawun sendiri terlihat sangat kompak dan menyatu, terlihat tampak sukarela datang hadir pada upacara Ritual Slamatan, meskipun tempat tinggalnya ada yang jauh berbukit naik-turun dengan berjalan kaki. (ah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar