Jumat, 05 Juli 2013

Di Pasar Pemda Ngawi Akan Ada Bank Sampah Pasar


NGAWI – Warta Ngawi
Sampah merupakan bagian sisa aktifitas manusia yang perlu dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan berbagai permasalahan terhadap kehidupan manusia maupun gangguan pada lingkungan seperti pencemaran lingkungan, penyebaran penyakit, menurunnya estetika dan sebagai pembawa penyakit. Untuk itu berbagai upaya pengelolaan sampah terus dilakukan, seperti yang dilakukan Drs. Anwar Rifai yang baru saja satu bulan menempati sebagai Pejabat Sementara di lingkungan Dinas Perdagangan Dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Ngawi, saat di temui media Warta Ngawi di ruang kerjanya.
Pasar sebagai tempat para penjual dan pembeli saling berhubungan untuk melakukan bertransaksi perdagangan. Sebagai tempat perdagangan maka, karakteristik sampah yang dihasilkan, dominan oleh sampah organik, basah dan mudah membusuk serta memiliki volume besar, utamanya sampah yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Besarnya timbulan sampah yang dihasilkan tersebut, tentunya diperlukan penanganan dan pengelolaan yang sesuai dengan karakteristik agar tidak berdampak negatif terhadap lingkungan pasar maupun sekitarnya, kita sudah punya delapan Bentor Pengangkut Sampah yang kita tempatkan menyebar di beberapa pasar, sebagai pengangkut sampah Organik ke TPA, terang Drs. Anwar Rifai.
Lebih lanjut di ungkapkan, untuk sampah Non Organik kami punya solusi akan kita buat Bank Sampah Pasar, terangnya lagi. Dalam Bank Sampah Pasar, sampah-sampah Non Organik para pedagang pasar bisa membawa ke Bank Sampah tersebut. Sebagai Bank Sampah Pasar, nanti juga bisa memberi modal pinjaman kepada para pedagang Pasar dan sebagai angsurannya adalah sampah itu sendiri, pungkasnya. (gus)

1 komentar: